Kamis, 20 Februari 2014 0 komentar

DEFINISI "REKAYASA PERANGKAT LUNAK"

Bismillahirrahmanirrahim


Assalamualaikum Wr.Wb



Hallo teman kembali berjumpa lagi dengan saya , setelah lama gak ngepost mungkin kali ini saya akan aktif lagi. Tapi kali ini saya akan mempost yang berhubungan dengan "Rekayasa Perangkat Lunak" , karena materi ini adalah Mata kuliah baru saya di semester 6 Teknik Informatika Politeknik TEDC Bandung.
Oke kita mulai saja , Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak? Menurut Wikipedia: Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.[1]
Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)

Sejarah Rekayasa Perangkat Lunak sendiri dimulai dari Istilah software engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentang software engineering di Jerman dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969. Meski penggunaan kata software engineeringmasukan konferensi tersebut menimbulkan debat tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak, banyak pihak yang menganggap konferensi tersebutlah yang menjadi awal tumbuhnya profesi rekayasa perangkat lunak .

Di Indonesia sendiri Rekayasa Perangkat Lunak dijadikan disiplin ilmu yang dipelajari mulai tingkat Sekolah Menengah Kejuruan sampai tingkatan Perguruan Tinggi. Di tingkat SMK, jurusan ini sudah memiliki kurikulum materi pelajaran sendiri yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan. Rekayasa Perangkat Lunak Di tingkat SMK biasanya mempelajari materi materi seperti Bahasa PemrogramanDesain Web, Pengetahuan tetang Undang Undang HAKI dan ITE, dan sebagainya, tergantung dari sekolah dan kurikulum tiap tahunnya.

Mungkin itu sedikit penjelasan dari "Definisi rekayasa Perangkat Lunak" , demikian yang bisa saya sampaikan dan mohon maaf apabila ada salah kata dari saya. Terimakasih :)

(sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_perangkat_lunak )
Rabu, 04 Desember 2013 0 komentar

Pertemuan Kesepuluh Windows Phone - 27 November 2013

Jum'at 27 November 2013



Pertemuan Kesepuluh Windows Phone



Bismillahirrahmanirrahim

IMAGE CONTROL

Hallo teman bertemu lagi dengan saya fadli ,  pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang image control. oke kita langsung membuat sebuah project tentang image control..

IMAGE CONTROL 1
1. New Project (ctrl+shift+N)
2. Pilih windows Phone App + Visual C#
3. Beri nama project  “imagecontrol1” Name project jangan lupa samakan dengan Solution Name
4. Lalu browse dan pilih dimana kita akan menyimpan Folder Project aplikasi yang akan kita buat.
5. Lalu klik OK dan pilih Windows OS 7.1 lalu klik OK
6. lalu lakukan pendesainna seperti dibawah ini


Dari gambar di atas kita membutuhkan :
1 buah image control
2 buat button yang dibuat setimpa atau sejajar sehingga hanya kelihatan 1 button.




7. tambahkan sebuah folder pada project kita beri nama "images"
8. sebelum kelangkah selanjutnya kita coba gambarkan cara tampilan buttonya,,2 buah button dimasukkan dengan ukuran sama dan posisi sama

gambar diatas diambil pada saat button belum berposisi sama,setelah berposisi sama tambahkan visibility pada salah satu button berguna membuat button tidak tampak.



lihatlah script pada gambar yang di kotak hitam.


9. oke kita kelangkah selanjutnya,masukkan script ke setiap buttonnya,,

{
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl;component/Images/JKT1.jpeg", UriKind.Relative));
            myImage.Source = newImage;
            changeImageBt.Visibility = Visibility.Collapsed;
            changeBt.Visibility = Visibility.Visible;
        }

        private void changeBt_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
        {
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl;component/Images/JKT2.jpg", UriKind.Relative));
            myImage.Source = newImage;
            changeImageBt.Visibility = Visibility.Visible;
            changeBt.Visibility = Visibility.Collapsed;
        }

10. lalu kita jalankan programnya,maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

gambar pada saat project dijalankan pertama kali




gambar ketika kita mengklik tombol button "change"


11. selesailah pembahasan di ImageControl 1 , kita lanjut saja





IMAGE CONTROL 2

setelah berhasil pada project kedua mari kita lanjutkan ke project image control ke 2  seperti biasa :

1. New Project (ctrl+shift+N)

2. Pilih windows Phone App + Visual C#
3. Beri nama project  “imagecontrol1” Name project jangan lupa samakan dengan Solution Name
4. Lalu browse dan pilih dimana kita akan menyimpan Folder Project aplikasi yang akan kita buat.
5. Lalu klik OK dan pilih Windows OS 7.1 lalu klik OK
6. lalu lakukan pendesainna seperti dibawah ini

Gambar di atas , kita membutuhkan komponen:

1 buah image control
1 buat scroll viewer
9 buat grid



7. setelah itu sama seperti project pertama pastikan kalian membuat sebuah folder images dan isikan images yang anda perlukan didalamnya.

8. selanjutkan arahkan kursor pada salah satu grid image nya,,lalu cari event hendler "mouse enter" 


lakukan langkah ini pada setiap gridnya (9 grid)

double klik pada "mouse enter" dan masukkan penyekripan,,berikut script hasil semua grid view yang sudah melalui proses event hendler

Lalu bisa masukan script seperti yang dibawah ini:

{
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl2;component/Images/JKT1.jpeg", UriKind.Relative));
            mainImage.Source = newImage;
        }

        private void Image_MouseEnter_1(object sender, MouseEventArgs e)
        {
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl2;component/Images/JKT2.jpg", UriKind.Relative));
            mainImage.Source = newImage;
        }

        private void Image_MouseEnter_2(object sender, MouseEventArgs e)
        {
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl2;component/Images/JKT3.jpg", UriKind.Relative));
            mainImage.Source = newImage;
        }

        private void Image_MouseEnter_3(object sender, MouseEventArgs e)
        {
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl2;component/Images/JKT4.jpg", UriKind.Relative));
            mainImage.Source = newImage;
        }

        private void Image_MouseEnter_4(object sender, MouseEventArgs e)
        {
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl2;component/Images/JKT5.jpg", UriKind.Relative));
            mainImage.Source = newImage;
        }

        private void Image_MouseEnter_5(object sender, MouseEventArgs e)
        {
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl2;component/Images/JKT6.jpg", UriKind.Relative));
            mainImage.Source = newImage;
        }

        private void Image_MouseEnter_6(object sender, MouseEventArgs e)
        {
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl2;component/Images/JKT7.jpg", UriKind.Relative));
            mainImage.Source = newImage;
        }

        private void Image_MouseEnter_7(object sender, MouseEventArgs e)
        {
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl2;component/Images/JKT8.jpg", UriKind.Relative));
            mainImage.Source = newImage;
        }

        private void Image_MouseEnter_8(object sender, MouseEventArgs e)
        {
            BitmapImage newImage = new BitmapImage(new Uri("/ImageControl2;component/Images/JKT9.jpg", UriKind.Relative));
            mainImage.Source = newImage;
        } 



9. setelah itu jalankan programnya,maka hasilnya akan seperti dibawah ini


ketika kita mengklik gambar dalam kotak kecil tersebut maka gambar dalam image display akan berubah









10. selesai

sekian pembahasan tentang Image Control dari saya , semoga bermanfaat. mohon maaf apabila ada kekurangan , terimakasih :)

0 komentar

Pertemuan Kesembilan Windows Phone - 22 November 2013

Jum'at 22 November 2013


Pertemuan Kesembilan Windows phone

Bismillahirrahmanirrahim

Hai sobat bertemu lagi dengan saya, setelah dipending untuk pertemuan ke sembilan ini akhir nya saya dapat membahas materi "Navigation" di blog ini. Oke kita langsung saja teman.



1. New Project (ctrl+shift+N)
2. Pilih windows Phone App + Visual C#
3. Beri nama project  “tugas” Name project jangan lupa samakan dengan Solution Name
4. Lalu browse dan pilih dimana kita akan menyimpan Folder Project aplikasi yang akan kita buat.
5. Lalu klik OK dan pilih Windows OS 7.1 lalu klik OK
6. lalu lakukan pendesainna seperti dibawah ini




Gambar diatas memiliki komponen-komponen seperti dibawah ini
1 buah textbox
1 buah textblock
4 buah button

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah harus adanya page yang dituju. pada latihan kali ini kita akan mencoba membuat 5 buah page dan setiap page dapat terhubung satu sama lainnya.

7. klik kanan pada project kalian lalu pilih add dan pilih new folder,,beri nama folder kalian "view"

8. selanjutnya tambahkan page.xaml sebagai page yang dibutuhkanklik kanan pada folder yang baru dibuat lalu pilih add kemudian pilih new item 

pilih windows phone potrait lalu isikan nama pagenya kemudian add,,pada latihan kali saya memberikan nama setiap page yaitu 
secondpage.xaml   sebagai page kedua
third.xaml   sebagai page ketiga
fourth.xaml sebagai page keempat
fifth.xaml sebagai page kelima




9. lalu lakukan pendesainna pada setiap pagenya,pada latihan kali ini saya menyamakan desain setiap page nya,lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini



Desain Page pertama (mainpage.xaml)



Desain Page kedua (secondpage.xaml)



Desain Page ketiga(thirdpage.xaml)



Desain page keempat(fourthpage.xaml)


Desain Page kelima(fifthpage.xaml)

10. setelah itu masukkan script dibawah ini pada setiap page.

MainPage.xaml
Script ada di notepad


SecondPage.xaml

Script ada di notepad

ThirdPage.xaml
Script ada di notepad


Fourthpage.xaml
Script ada di notepad


Fifth.xaml
Script ada di notepad

11. setelah itu debug lah projectnya maka hasilnya akan seperti dibawah ini,,dibawah ini navigation page secara normal dan berurutan dari page satu ke dua,dua ketiga dan seterusnya. 

 lihatlah keterangan yang keluar di setiap page,yang menandakan itu berasal dari page berapa 


















kemudian lihatlah gambar dibawah ini,dilakukan dengan secara acak tidak berurutan dan tidak seperti gambar diatas

lihatlah kembali keterangan yang muncul di textblock pada setiap page,itu menandakan page sebelumnya atau berasal dari page mana





Mungkin cukup sekian pembahasan dari saya , mohon maaf apabila ada kekurangan dalam pembahasan materi "NAVIGATION" ini. Sekian dan terimakasih :)

Rabu, 20 November 2013 0 komentar

Pertemuan Kedelapan Windows Phone - 15 November 2013

Jum'at 15 November 2013


Pertemuan Ke Delapan Windows Phone


Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Wr. Wb


UTS


Hai sobat bertemu lagi dengan saya, dipertemuan ke delapan ini saya Ujian tengah Semester (UTS). Dan di postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa yang telah saya buat di UTS. Soal UTS Windows Phone ini ada 7 soal , tapi dikarenakan waktu pengerjaan saya yg terlalu lambat (kebanyakan eror, hehehe) saya hanya mampu mengerjakan 5 soal dari 7 soal yang diberikan oleh dosen. Soalnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
1.Menerima/mengirim nilai input/output dari dan ke user (10) – Accepting Input
2.Fungsi IF atau SWITCH Statement berdasarkan nilai input yang dimasukan oleh user (10) - IF atau SWITCH
3.Fungsi FOR iteration (10) - ForIteration
4.Tanggal sekarang dengan format 15 November 20013 08:00:00 (10) - DateAndTime
5.Penggunaan .NetClass (10) - PlayWithNetClass
6.Membuat Class dan Namesapce pada file yang baru (10) -  PlayWIthCollection
7.Penggunaan Collection (10) - PlayWIthCollection


Jadi disini saya sudah membuat sebuah aplikasi “Undian” , yaa mungkin sebuah aplikasi yang sederhana dan tak terlalu WAH gitu , hehe

1.Oke langsung saja kita ke project nya, jadi bisa dilihat disini saya membutuhkan beberapa element yaitu 6 TextBlock , 2 Button , 1 TextBox. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini



2.Saya akan mencoba menjelaskan dari nomor 1, yang soalnya “Menerima/mengirim nilai input/output dari dan ke user - Accepting Input” dari soalnya ada penjelasan bahwa kita memasukan atau memberikan perintah sebuah “Accepting Input”. Accepting Input sendiri sudah kita pelajari di Pertemuan ketiga. Jawaban yang saya berikan pada soal ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



3.Selanjutnya nomor 2, yang soalnya “Fungsi IF atau SWITCH Statement berdasarkan nilai input yang dimasukan oleh user - IF atau SWITCH”. IF atau SWITCH sendiri sudah dipelajari di pertemuan ketiga, jawaban yang saya berikan pada soal ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



4.Selanjutnya nomor 3, yang soalnya “Fungsi FOR iteration – ForIteration” ForIteration ini sendiri sama sudah kita pelajari di pertemuan yang ketiga. Dan jawaban yag saya berikan bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



5.Selanjutnya nomor 4, yang soalnya “Tanggal sekarang dengan format 15 November 20013 08:00:00 – DateAndTime” Date and Time ini sendiri sudah saya pelajari pada pertemuan yang ke Lima. Dan jawaban yang saya berikan bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



6.Dan yang selanjutnya nomor 5, yang soalnya “Penggunaan .NetClass  - PlayWithNetClass” PlayWithNetClass sendiri sudah kita pelajari pada pertemuan yang ke Enam. Dan jawaban yang saya berikan bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



7.Dan hasilnya dari semua kode yang telah saya masukan seperti ini



8.Untuk yang diberi tanda kotak , itu merupakan tampilan dari kode AcceptingInput dan IF, sedangkan gambar yang dibawah ini



9.Nah sedangkan yang diberi tanda kotak pada gambar yang di atas itu merupakan tampilan dari kode DateAndTime, sedangkan gambar yang di bawah ini:



10.Pada gambar di atas itu yang diberi tanda kotak merupakan tampilan dari kode PlayWithNetClass, menambahkan tombol button lewat kode dari MainPage.xaml.cs . dan gambar yang di bawah ini:



11.yang di beri tanda kotak pada Gambar di atas itu merupakan tampilan dari kode ForIteration. Dan berikut tampilan kesuluruhan dari semua kode yang telah dimasukan atau kode yang termasuk kriteria dari soal yang saya kerjakan ..



Mungkin untuk pertemuan sekarang dicukupkan saja , meskipun sebuah aplikasi yang saya buat bisa dibilang sederhana. Semoga bermanfaat dan terimakasih :D
 
;