Rabu, 20 November 2013

Pertemuan Kedelapan Windows Phone - 15 November 2013

Jum'at 15 November 2013


Pertemuan Ke Delapan Windows Phone


Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Wr. Wb


UTS


Hai sobat bertemu lagi dengan saya, dipertemuan ke delapan ini saya Ujian tengah Semester (UTS). Dan di postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa yang telah saya buat di UTS. Soal UTS Windows Phone ini ada 7 soal , tapi dikarenakan waktu pengerjaan saya yg terlalu lambat (kebanyakan eror, hehehe) saya hanya mampu mengerjakan 5 soal dari 7 soal yang diberikan oleh dosen. Soalnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
1.Menerima/mengirim nilai input/output dari dan ke user (10) – Accepting Input
2.Fungsi IF atau SWITCH Statement berdasarkan nilai input yang dimasukan oleh user (10) - IF atau SWITCH
3.Fungsi FOR iteration (10) - ForIteration
4.Tanggal sekarang dengan format 15 November 20013 08:00:00 (10) - DateAndTime
5.Penggunaan .NetClass (10) - PlayWithNetClass
6.Membuat Class dan Namesapce pada file yang baru (10) -  PlayWIthCollection
7.Penggunaan Collection (10) - PlayWIthCollection


Jadi disini saya sudah membuat sebuah aplikasi “Undian” , yaa mungkin sebuah aplikasi yang sederhana dan tak terlalu WAH gitu , hehe

1.Oke langsung saja kita ke project nya, jadi bisa dilihat disini saya membutuhkan beberapa element yaitu 6 TextBlock , 2 Button , 1 TextBox. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini



2.Saya akan mencoba menjelaskan dari nomor 1, yang soalnya “Menerima/mengirim nilai input/output dari dan ke user - Accepting Input” dari soalnya ada penjelasan bahwa kita memasukan atau memberikan perintah sebuah “Accepting Input”. Accepting Input sendiri sudah kita pelajari di Pertemuan ketiga. Jawaban yang saya berikan pada soal ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



3.Selanjutnya nomor 2, yang soalnya “Fungsi IF atau SWITCH Statement berdasarkan nilai input yang dimasukan oleh user - IF atau SWITCH”. IF atau SWITCH sendiri sudah dipelajari di pertemuan ketiga, jawaban yang saya berikan pada soal ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



4.Selanjutnya nomor 3, yang soalnya “Fungsi FOR iteration – ForIteration” ForIteration ini sendiri sama sudah kita pelajari di pertemuan yang ketiga. Dan jawaban yag saya berikan bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



5.Selanjutnya nomor 4, yang soalnya “Tanggal sekarang dengan format 15 November 20013 08:00:00 – DateAndTime” Date and Time ini sendiri sudah saya pelajari pada pertemuan yang ke Lima. Dan jawaban yang saya berikan bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



6.Dan yang selanjutnya nomor 5, yang soalnya “Penggunaan .NetClass  - PlayWithNetClass” PlayWithNetClass sendiri sudah kita pelajari pada pertemuan yang ke Enam. Dan jawaban yang saya berikan bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



7.Dan hasilnya dari semua kode yang telah saya masukan seperti ini



8.Untuk yang diberi tanda kotak , itu merupakan tampilan dari kode AcceptingInput dan IF, sedangkan gambar yang dibawah ini



9.Nah sedangkan yang diberi tanda kotak pada gambar yang di atas itu merupakan tampilan dari kode DateAndTime, sedangkan gambar yang di bawah ini:



10.Pada gambar di atas itu yang diberi tanda kotak merupakan tampilan dari kode PlayWithNetClass, menambahkan tombol button lewat kode dari MainPage.xaml.cs . dan gambar yang di bawah ini:



11.yang di beri tanda kotak pada Gambar di atas itu merupakan tampilan dari kode ForIteration. Dan berikut tampilan kesuluruhan dari semua kode yang telah dimasukan atau kode yang termasuk kriteria dari soal yang saya kerjakan ..



Mungkin untuk pertemuan sekarang dicukupkan saja , meskipun sebuah aplikasi yang saya buat bisa dibilang sederhana. Semoga bermanfaat dan terimakasih :D

0 komentar:

Posting Komentar

 
;