Rabu, 13 November 2013

Pertemuan Ketujuh Windows Phone - 8 November 2013

Jum'at 8 November 2013



Pertemuan ketujuh Windows Phone




Play With Xaml Syntax

Hai teman bertemu kembali dengan saya, pada pertemuan sekarang saya akan mencoba menjelaskan kembali tentang “Play With Xaml Syntax”. Seperti yang kita ketahui di pertemuan sebelumnya kita sering bermain dengan xaml. Dan di tutorial sekarang saya tidak akan melakukan pengkodean atau mengetik kode, namun di pertemuan kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa yang saya tau atau yang dikuasai. Kita langsung saja yaa :)

1. Ok yang pertama , Klik New Project

2. Pilih windows Phone App + Visual C#

3. Disini saya memberi nama project  “XamlSyntax” Name project jangan lupa samakan dengan Solution Name

4. Lalu browse dan pilih dimana kita akan menyimpan Folder Project aplikasi yang akan kita buat.

5. Lalu klik OK dan pilih Windows OS 7.1 lalu klik OK

6. Baik mungkin kalian sudah menghadapi sebuah tampilan yang sudah tak asing lagi, disini saya akan menjelaskan beberapa yang ada di depan layar anda. Bisa diperhatikan gambar dibawah ini


7. Yaa mungkin teman-teman sudah tahu dengan gambar yang di atas, dan sekarang coba perhatikan gambar dibawah ini.


8. Gambar di atas adalah panel zoom , yang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil design emulatornya.

9. Coba perhatikan gambar berikutnya


10. Yang diberi tanda panah adalah Panel horizontal split dan vertical split, yang berfungsi untuk memberikan kedudukan antara desain emulator dengan daerah pengkodean.

11. Contoh dalam posisi Horizontal Split


12. Contoh dalam posisi Vertical Split


13. Oke lanjut pada gambar selanjutnya, bisa di lihat di bawah sini


14.Script koding yang berada dalam kotak merupakan kode dari element button yang berada didalam desain emulator.

15.Sebenarnyakita bisa membuat element button dengan cara men-drag dari Toolbox secara langsung, namun kita juga bisa menuliskan kode pada MainPage.xaml secara langsung.

16. Selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai SupportedOrientation, atau bisa diliat kodenya pada gambar dibawah ini (yang di dalam kotak).


17. Apabila dijalankan aplikasinya akan menjadi seperti ini


18. Jadi ketika emulator 7.1 sudah dijalankan lalu buat emulator seperti ini, maka Si page name beserta button tidak ikut seperti emulatornya, itu fungsi dari SupportedOrientation menggunakan “Portrait” jadi maksudnya orientasi yang kita support itu hanya Portrait saja. Lalu Orientation : “Portrait” itu merupakan Default, jadi ketika emulator dibuka maka tampilannya akan portrait atu berdiri.
Lalu ikuti kode seperti gambar yang ditandai dibawah ini.


19. Kita ubah SupportdOrientation Menjadi PortraitOrLandscape dan Orientation menjadi Landscape, maksud dari shell:SystemTray.IsVisible=”False”; adalah kode dimana apakah kita akan menampilkan bar batrei dan sinyal, jika ingin menampilkan maka tuliskan kode “True” , jika tidak ingin menampilkan maka tuliskan kode “False”. Lalu kita jalankan Emulator 7.1 dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.



Sekian pertemuan kali ini, sebenernya masih banyak lagi yang terdapat dalam XAML tapi karena waktu yang terbatas mungkin lain kali lagi :D mohon maaf , dan terimakasih atas waktunya, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;